Lembaga Kajian Aparatur Pemerintah (LKAP)

Adalah sebuah lembaga non Pemerintah yang mengadakan Pendidikan dan Pelatihan, Workshop, Bimbingan Teknis, UJIAN sertifikasi pengadaan barang dan jasa pemerintah, In House Training dan Seminar bagi instansi pemerintah maupun swasta dengan didukung oleh para professional dari berbagai latar belakang disiplin ilmu serta pengalaman dibidangnya masing-masing.

Kami telah menangani dan mengadakan berbagai pelatihan dengan beragam tema terutama menyangkut manajemen keuangan, lingkungan, kesehatan, hukum, politik dan sertifikasi keahlian pengadaan barang dan jasa pemerintah untuk meningkatkan sumber daya pembangunan daerah khususnya kepada pemerintah daerah serta masyarakat umumnya. Di dalam pelaksanaan kegiatan, kami bekerja sama dengan berbagai instansi pemerintah dan swasta baik secara kelembagaan maupun non kelembagaan dalam arti didukung materi dan narasumber.

Maksud dan tujuan dari kegiatan lembaga kami adalah membantu program pemerintah dalam meningkatkan produktifitas SDM dan mensosialisasikan dan mensikronisasikan antara kebijakan pemerintah dengan dunia industri, begitupun sebaliknya pelaku industri dapat memberikan masukan dan kontribusi kepada pemerintah. LKAP didirikan untuk mengakomodir kebutuhan akan sumber daya manusia yang dapat bersaing dalam era globalisasi.

Rabu, 12 Juli 2017

BIMTEK METODE PENYUSUNAN UKL – UPL DAN SPPL

Kepada Yth,
  • Gubernur
  • Walikota dan Bupati
  • Kepala Dinas, Badan dan Kantor SKPD
  • Direktur Rumah Sakit Provinsi/Kota/kabupaten
Di – Seluruh Indonesia
Dengan Hormat,
Sebelum melakukan kegiatan usaha, setiap industri wajib untuk mambuat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup) atau UKL/UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan) berdasarkan Peraturan Pemerintah No.27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan. Bagaimana perbedaannya?
Izin Lingkungan
Izin Lingkungan adalah izin yang diberikan kepada setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan yang wajib AMDAL atau UKL/UPL dalam rangka perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sebagai prasyarat memperoleh izin usaha dan/atau kegiatan.
Izin Lingkungan diperoleh melalui tahapan kegiatan yang meliputi :
1. Penyusunan AMDAL dan UKL/UPL
2. Penilaian AMDAL dan pemeriksaan UKL/UPL, dan
3. Permohonan dan penerbitan Izin Lingkungan
AMDAL
Dokumen AMDAL merupakan instrumen pengelola lingkungan yang wajib disusun oleh penyelenggara kegiatan/usaha yang melakukan kegiatan/usaha yang termasuk dalam daftar wajib AMDAL, seperti diatur pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup No.05 thn 2012 ttg Jenis Rencana Usaha Dan Atau Kegiatan yang Wajib Dilengkapi AMDAL.
AMDAL terdiri dari :
  1. Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan (KA-ANDAL)
  2. Analisis Dampak Lingkungan (ANDAL)
  3. Rencana Pengelolaan Lingkungan (RKL)
  4. Rencana Pemantauan Lingkungan (RPL)
UKL/UPL
UKL-UPL sama halnya seperti AMDAL, berfungsi sebagai panduan pengelolaan lingkungan bagi seluruh penyelenggara suatu kegiatan. Namun, skala kegiatan yang diwajibkan UKL-UPL relatif cukup kecil dan dianggap memiliki dampak terhadap lingkungan yang tidak terlalu besar dan penting. Hal ini menyebabkan kegiatan tersebut tidak tercantum dalam daftar wajib AMDAL. Namun demikian, dampak lingkungan yang dapat terjadi tetap perlu dikelola untuk menjamin terlaksananya pengelolaan lingkungan yang baik.
SPPL
SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan) adalah kesanggupan dari penanggung jawab usaha dan/atau kegiatan untuk melakukan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup atas dampak lingkungan hidup dari usaha dan/ atau kegiatannya di luar Usaha dan/atau kegiatan yang wajib amdal atau UKL-UPL.
Oleh karena itu, dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, diatur bahwa setiap usaha dan/atau kegiatan yang tidak termasuk dalam kriteria wajib AMDAL wajib memiliki UKL-UPL dan wajib SPPL.
Jadi, UKL/UPL, AMDAL, SPPL adalah jenis dokumen yang harus diajukan untuk mendapatkan Izin Lingkungan. Dokumen AMDAL terdiri dari KA-ANDAL dan RKL/RPL. Dokumen AMDAL wajib disusun jika kegiatan/usaha termasuk dalam daftar wajib AMDAL (wajib karena berdampak lingkungan besar), jika tidak termasuk, maka diwajibkan menyusun UKL/UPL (berdampak lingkungan lebih kecil). Setelah mendapatkan izin lingkungan, suatu usaha/kegiatan/proyek baru boleh dimulai deh! Kenapa ribet ya prosedurnya? Prosedur ini (kalau dilaksanakan dengan baik dan bukan sekedar formalitas), merupakan upaya mencegah/mengurangi dampak buruk dari usaha/kegiatan/proyek ini kepada lingkungan. Karena jika lingkungan terlanjur rusak, manusia bakal lebih ribet! Seperti kata Conservation International, Dalam Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 16 Tahun 2012 Pasal 2 ayat (2) disebutkan bahwa Amdal, UKL-UPL dan SPPL merupakan “Dokumen Lingkungan Hidup.” Walaupun SPPL hanya terdiri dari satu sampai dua lembar (karena hanya berupa surat pernyataan) dalam peraturan tersebut tetap disebut sebagai dokumen lingkungan.
LKAP TRAINING menyelenggarakan “BIMTEK METODE PENYUSUNAN UKL – UPL DAN SPPL” yang akan dilaksanakan pada tanggal :

JADWAL BIMTEK JAKARTA :
  1. Kamis – Jum’at, 13 – 14 Juli 2017
  2. Kamis – Jum’at, 27 – 28 Juli 2017
  3. Kamis – Jum’at, 10 – 11 Agustus 2017
  4. Kamis – Jum’at, 24 – 25 Agustus 2017
  5. Kamis – Jum’at, 07 – 08 September 2017
  6. Kamis – Jum’at, 05– 06 Oktober 2017
  7. Kamis – Jum’at, 19 – 20 Oktober 2017
  8. Kamis – Jum’at, 02 – 03 November 2017
  9. Kamis – Jum’at, 16 – 17 November 2017
  10. Kamis – Jum’at, 07 – 08 Desember 2017
  11. Kamis – Jum’at, 21 – 22 Desember 2017
JADWAL BIMTEK BANDUNG :
  1. Kamis – Jum’at, 20 – 21 Juli 2017
  2. Kamis – Jum’at, 03 – 04 Agustus 2017
  3. Kamis – Jum’at, 14 – 15 September 2017
  4. Kamis – Jum’at, 28 – 29 September 2017
  5. Kamis – Jum’at, 12 – 13 Oktober 2017
  6. Kamis – Jum’at, 26 – 27 Oktober 2017
  7. Kamis – Jum’at, 09 – 10 November 2017
  8. Kamis – Jum’at, 23 – 24 November 2017
  9. Kamis – Jum’at, 14 – 15 Desember 2017
  10. Kamis – Jum’at, 28 – 29 Desember 2017

JADWAL BIMTEK SURABAYA :
  1. Surabaya >  Selasa – Rabu, 18 – 19 Juli 2017
  2. Surabaya >  Selasa – Rabu, 01 – 02 Agustus 2017
  3. Surabaya >  Selasa – Rabu, 29 – 30 Agustus 2017
  4. Surabaya >  Selasa – Rabu, 12 – 13 September 2017
  5. Surabaya >  Selasa – Rabu, 26 – 27 september 2017
  6. Surabaya >  Selasa – Rabu, 10 – 11 Oktober 2017
  7. Surabaya >  Selasa – Rabu, 24 – 25 Oktober 2017
  8. Surabaya >  Selasa – Rabu, 14 – 15 November 2017
  9. Surabaya >  Selasa – Rabu, 28 – 29 November 2017
  10. Surabaya >  Selasa – Rabu, 12 – 13 Desember 2017
  11. Surabaya >  Selasa – Rabu, 26 – 27 Desember 2017

JADWAL BIMTEK BALI :
  1. Bali >  Selasa – Rabu, 11 – 12 Juli 2017
  2. Bali >  Selasa – Rabu, 25 – 26 Juli 2017
  3. Bali >  Selasa – Rabu, 08 – 09 Agustus 2017
  4. Bali >  Selasa – Rabu, 22 – 23 Agustus 2017
  5. Bali >  Selasa – Rabu, 05 – 06 September 2017
  6. Bali >  Selasa – Rabu, 19 – 20 September 2017
  7. Bali >  Selasa – Rabu, 03 – 04 Oktober 2017
  8. Bali >  Selasa – Rabu, 17 – 18 Oktober 2017
  9. Bali >  Selasa – Rabu, 07 – 08 November 2017
  10. Bali >  Selasa – Rabu, 21 – 22 November 2017
  11. Bali >  Selasa – Rabu, 05 – 06 Desember 2017
  12. Bali >  Selasa – Rabu, 19 – 20 Desember 2017

JADWAL BIMTEK LOMBOK :
  1. Lombok >  Senin – Selasa, 17 – 18 Juli 2017
  2. Lombok >  Senin – Selasa, 07 – 08 Agustus 2017
  3. Lombok >  Senin – Selasa, 21 – 22 Agustus 2017
  4. Lombok >  Senin – Selasa, 04 – 05 September 2017
  5. Lombok >  Senin – Selasa, 18 – 19 September 2017
  6. Lombok >  Senin – Selasa, 02 – 03 Oktober 2017
  7. Lombok >  Senin – Selasa, 30 – 31 Oktober 2017
  8. Lombok>   Senin – Selasa, 13 – 14 November 2017
  9. Lombok >  Senin – Selasa, 27 – 28 November 2017
  10. Lombok >  Senin – Selasa, 11 – 12 Desember 2017

JADWAL BIMTEK MAKASSAR :
  1. Makassar  Kamis – Jum’at, 13 – 14 Juli 2017
  2. Makassar >  Kamis – Jum’at, 27 – 28 Juli 2017
  3. Makassar >  Kamis – Jum’at, 10 – 11 Agustus 2017
  4. Makassar >  Kamis – Jum’at, 24 – 25 Agustus 2017
  5. Makassar  Kamis – Jum’at, 07 – 08 September 2017
  6. Makassar >  Kamis – Jum’at, 05 – 06 Oktober 2017
  7. Makassar >  Kamis – Jumat, 19 – 20 Oktober 2017
  8. Makassar >  Kamis – Jum’at, 02 – 03 November 2017
  9. Makassar >  Kamis – Jum’at, 16 – 17 November 2017
  10. Makassar >  Kamis – Jum’at, 07 – 08 Desember 2017
  11. Makassar >  Kamis – Jum’at, 21 – 22 Desember 2017

JADWAL BIMTEK BATAM :
  1. Batam  >  Rabu – Kamis, 19 – 20 Juli 2017
  2. Batam   > Rabu – Kamis, 02 – 03 Agustus 2017
  3. Batam   > Rabu- Kamis, 30 – 31 Agustus 2017
  4. Batam   > Rabu – Kamis, 13 – 14 September 2017
  5. Batam   > Rabu – Kamis, 27 – 28 September 2017
  6. Batam   > Rabu – Kamis, 11 – 12 Oktober 2017
  7. Batam   > Rabu – Kamis, 25 – 26 Oktober 2017
  8. Batam   > Rabu – Kamis, 15 – 16 November 2017
  9. Batam   > Rabu – Kamis, 29 – 30 November 2017
  10. Batam   > Rabu – Kamis, 13 – 14 Desember 2017
  11. Batam   > Rabu – Kamis, 27 – 28 Desember 2017

JADWAL BIMTEK YOGYAKARTA :
  1. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 20 – 21 Juli 2017
  2. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 03 – 04 Agustus 2017
  3. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 14 – 15 September 2017
  4. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 28 – 29 Septemnber 2017
  5. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 12 – 13 Oktober 2017
  6. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 26 – 27 Oktober 2017
  7. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 09 – 10 November 2017
  8. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 23 – 24 November 2017
  9. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 14 – 15 Desember 2017
  10. Yogyakarta  >  Kamis – Jum’at, 28 – 29 Desember 2017

Biaya Kontribusi Bimtek Reguler Jakarta & Bandung :
  • Rp. 4.500.000,- / Peserta ( Paket Menginap 3 Malam )
  • Rp. 3.500.000,- / Peserta ( Paket Tidak Menginap )
Biaya Kontribusi Bimtek Di Kota-Kota Lain Surabaya, Bali, Lombok, Makassar, Batam, Yogyakarta dll:
  • Rp. 5.000.000,- / Peserta ( Paket Menginap 3 Malam )
  • Rp. 4.000.000,- / Peserta ( Paket Tidak Menginap )

Catatan Untuk Fasilitas Peserta Bimtek :
  • Cascback 10% / Peserta Untuk 10 Pendaftaran Pertama
  • Pelatihan Selama 2 Hari
  • Menginap 3 Malam Twin Share (Bagi Peserta Menginap)
  • Komsumsi (Coffe Break 2x dan Lunch 2x) Serta Dinner 3x (Bagi Peserta Yang menginap)
  • Kelengkapan Bimtek (Pena/Pensil, Note Book, Name Tage dan Makalah Serta SERTIFIKAT BIMTEK dari LKAP
  • Sofcopy Materi Up To date Berupa Flasdisk
  • Tas Ransel Eksklusif
  • Antar Jemput Bandara Bagi Peserta Group (Minimal 7 orang)
  • Konfirmasi Selambat – Lambatanya H-2 Sebelum kegiatan

Informasi Pendaftaran Dapat Menghubungi Panitia :
  1. Telpon Office : 021.2244.2096
  2. Fax Office : 021.2244.2096
  3. HP/WA: 0822.9746.5530 (Sdr. Fajri)
  4. Pin BB : D051CF85
  5. Email : lembagalkap@gmail.com

Keterangan :
  • Surat Dapat di Email/fax
  • Untuk Materi Bimtek Yang di Butuhkan Bisa Request
  • Khusus Untuk Peserta Rombongan Bisa Request Tempat (Minimal 8/10 Peserta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar